Minggu, 16 September 2012

About Truss



 Rangka Atap Baja Ringan?? What it's

Mungkin nama ini sekarang sudah terdengar tak asing lagi ditelinga kita...

Rangka Atap Baja Ringan merupakan suatu inovasi baru untuk pengganti atap kayu, yang peranannya begitu besar dan luar biasa.
Kelebihan ataupun keunggulan yang dimiliki Rangka Atap Baja Ringan semakin jauh meninggalkan peranan atap kayu. Namun itupun juga dengan persyaratan, yakni :   
* Perhitungan konstruksi yang akurat,
* Material standar SNI yakni mempunyai kuat nilai besar tarik 550Mpa,
* Tenaga pasang yang harus benar-benar mengerti akan perhitungan konstruksi juga bisa membaca gambar dari konstruksi Rangka Atap Baja Ringan.

Dan yang penting lagi, Kita harus bekerja dengan " Hati " & juga hati-hati dengan konstruksi yang satu ini. Motto kami " Truss For Your Trust ", dimana kami mempertanggung jawabkan nyawa yang berada dibawah setelahnya ( pemasangan Rangka Atap Baja Ringan ). Diperlukan perhitungan yang akurat, pengawasan guna keamanan dan keselamatan owner dimana harus di nomor satukan.

Rangka Atap Baja Ringan

Bersifat ringan dan tipis, bermutu tinggi dan mudah dalam pemasangan / perakitannya. Sehingga memiliki fungsi yang sama dengan Baja konvensional.
Material  berbahan Galvalume lapis logam coating AZ 100  G550 yang terdiri dari 55% allumunium, 43,5% seng dan 1,5% coating, dengan sertifikasi SNI ( Standar Nasional Indonesia ) yakni harus memiliki kekuatan tarik 550 Mpa, sehingga cocok untuk aplikasi bangunan dan manufaktur.

Standar ketebalan profil kami untuk kuda-kuda yakni ;

Produk :
- C75 tebal 0.75mm - 1.00mm, dan 
- R30 tebal 0.45mm.


Untuk kuda-kuda, perlu diperhatikan berat beban genteng, bentangan, juga derajat kemiringan atap.
Standarisasi jarak kuda-kuda untuk beban 75 Kg/m2 ( genteng keramik / beton ) yakni 1.20 meter dan untuk beban genteng metal jarak kuda-kuda maksimal 1,30 meter.

Rangka Atap Baja Ringan memiliki elemen utama ; Chanel ( kuda-kuda ), Reng, Baut / Screw, Dinabolt  dan Talang jurai. Sedangkan elemen tambahan ; Allumunium Foil.

Kelebihan kuda-kuda Baja Ringan dibandingkan  kayu ;
konsistensi mutu material, anti rayap, tahan api juga tahan segala cuaca, pemasangan mudah dan cepat, sisa material lebih sedikit, konstruksi diperhitungkan, ramah lingkungan serta bebas pemeliharaan.

    Sedangkan,

Kelemahan kuda-kuda baja Ringan ;
Tidak indah dipandang bila diekspos karena bentuknya yang seperti jaring, bila ada bagian yang salah perhitungan maka akan menyeret bagian yang lainnya dan material bersifat tidak fleksibel ( tidak dapat dipotong berbagai profil ) seperti kayu.


Fungsi Baja Ringan :

Baja ringan pada awalnya berfungsi sebagai kuda-kuda pengganti atap kayu, Namun kini perubahan perlahan berkembang fungsi menjadi beberapa macam, diantaranya ;
  1. Rangka Atap Baja Ringan, sebagai fungsi utama yang kini hampir menggantikan fungsi atap kayu.
  2. Rangka Pergola / Kanopi, karena menghemat dari biaya pengecatan.
  3. Rangka Partisi Dinding, menggantikan besi hollow yang mudah karat dan kayu yang mudah kropos.
  4. Struktur Bangunan, kini telah banyak rumah-rumah menggunakan Baja Ringan sebagai struktur permanen, sebagai rumah anti gempa. Proyek rumah yang menggunakan Baja Ringan sebagai struktur bangunan salah satunya di Aceh, diperuntukan bagi korban tsunami dengan pertimbangan lebih cepat selesai.



Model kuda-kuda Rangka Atap Baja Ringan




Kami juga menerima pekerjaan renovasi rumah.
Hubungi kami 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar