Selasa, 18 September 2012

Elemen Baja Ringan


Seperti yang telah kami tulis sebelumnya, bahwa Rangka atap Baja Ringan memiliki Elemen, yakni:
  1. Elemen inti ; dimana elemen ini merupakan bagian yang memiliki peranan sangat penting dan tidak dapat dipisahkan, yang menentukan kekuatan kuda-kuda. Elemen ini adalah Chanel, Reng, baut (screw) , Dinabolt juga Talang jurai.
  2. Satu elemen lagi adalah Elemen tambahan, merupakan tambahan dari suatu instalasi Rangka Atap Baja Ringan, bersifat sesuai permintaan. Elemen ini adalah Allumunium Foil.

Dibawah ini, kami akan berbagi informasi kepada anda tentang elemen-elemen diatas :










1. Chanel
Kami menggunakan canal berbahan Galvalume SNI yang telah dicoating AZ 100 G550 yang terdiri dari 55% allumunium, 43,5% seng dan 1,5% coating, sehingga lapisan terlindung dengan prima. Berfungsi sebagai Rangka kuda-kuda ( Truss ).








2. Reng
Kami menggunakan canal berbahan Galvalume G 550 Mpa yang telah dicoating AZ 100 yang terdiri dari 55% allumunium, 43,5% seng dan 1,5% coating, sehingga lapisan terlindung dengan prima. Berfungsi sebagai Reng ( Roof Batten ).

Panjang Chanel standar 6 mtr, Reng 6mtr.
Panjang Chanel diatas 7 - 12 mtr ( order khusus dengan biaya ongkos kawal ) 











3. Baut / Self Drilling Screw
Baut untuk Kuda-kuda dengan ukuran 12x14x20 dan Baut untuk reng dengan ukuran 10x16x16. Baut sudah dicoating galvanis sebagai lapisan tahan karatnya. Elemen ini berfungsi sebagai pengikat antara kuda-kuda ( truss ) dan reng.








4. Dinabolt 
Dinabolt untuk Rangka atap Baja Ringan standar memakai ukuran 10x80. Berfungsi sebagai Pengikat tumpuan kuda-kuda ( truss ) dengan cor ring balok beton / ke dinding kolom dengan cara ditanam. Jadi, harus dipastikan ring balok beton /pun dinding harus kuat, karena mempengaruhi kekuatan kuda-kuda ( truss ).










5. Talang / gutter.
Talang ini dipakai apabila desain Rangka Atap Baja Ringan antara kuda-kuda bertemu sudut dengan kuda-kuda lain, sehingga ada pertemuan titik jatuhnya air.
Standar tebal dari talang jurai ini adalah 0.3mm dengan panjang 2,5m sampai dengan 4m /lembarnya.




Allumunium Foil
Alumunium Foil pada intinya adalah sebagai elemen tambahan yang digunakan  sebagai penahan panas, namun juga bisa untuk meminimalisirkan rumah kita dari kebocoran. Ukuran alumunium Foil biasanya berukuran 1.2m x 50m / rollnya.

Allumunium Foil ada 2 macam, yaitu Single side ( satu sisi ) dan Double side ( dua sisi ).











1 komentar: